Jenis Apakah Teman Kita ?

24 06 2008

Dalam kehidupan sehari-hari kita tidak lepas dari yang namanya kawan, “Kawan“ suatu istilah yang kerap kita dengar, suatu panggilan akrab yang lebih condong pada pengertian persahabatan dalam suatu pergaulan.
Begitu banyaknya karakter yang bisa dijumpai dalam pergaulan sehingga kita tertipu oleh perilaku “kawan” kita yang seakan-akan menjadi sahabat akan tetapi pada kenyaannya malah menusuk kita dari belakang. Sehingga dalam Al-Qur’an Allah menyatakan :

“Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu ambil menjadi kawan kepercayaanmu orang-orang yang diluar kalanganmu (karena) mereka tidak henti-hentinya (menimbulkan) kemudharatan bagimu. Mereka menyukai apa yang menyusahkan kamu. Telah nyata kebencian dari mulut mereka, dan apa yang disembunyikan oleh hati mereka lebih besar lagi. Sungguh kami telah terangkan kepadamu ayat-ayat (Kami), jika kamu memahaminya” (QS. Al_Imron : 118 )

Hal penting yang dapat kita pahami dari seorang kawan adalah :

1. Kawan yang selalu menerima kebaikan Anda, sedangkan dia tidak pernah memberi Anda kebaikan;
Suatu hal yang bodoh apabila anda berkawan dengan tipe manusia seperti diatas, “kawan” kita ini hanya selalu meminta dan meminta tapi pada saat kita membutuhkan bantuan dia tidak pernah sedikitpun dalam hatinya tergerak untuk menolong kita. Sebaiknya kita jauhi tipe “kawan” seperti ini.

2. Kawan yang selalu berhitung, yaitu dia akan berbuat baik kepada Anda sesuai dengan kebaikan Anda kepadanya;
Tipe kawan yang kedua ini sedikit lebih normal dari yang pertama sebab bagaimanapun juga seorang manusia pasti menginginkan ”You take and I give” artinya apa yang dia keluarkan harus sama dengan yang nanti akan diterimanya bila perlu harus lebih. Tapi ini menunjukan seorang “kawan” yang EGOIS, dengan tipe “kawan” seperti ini anda akan terjebak dalam saling perhitungan sehingga lupa akan pahala yang akan diberikan Allah.

3. Kawan yang senang berhubungan dengan Anda tanpa pamrih.
Inilah “kawan” sesungguhnya yang kita perlukan, bagaimanapun keadaannya kawan yang satu ini akan selalu berusaha berada didekat kita untuk mencoba menolong baik materi maupun spirit. Akan tetapi sangat jarang sekali seorang “kawan” yang seperti ini, malah kadang-kadang kita memanfaatkan “kawan” kita yang baik ini untuk kepentingan kita sendiri. A’udzubillah …
Pada bagian akhir pembahasan tentang “KAWAN” adalah beberapa tipe “Kawan” diatas memang penting akan tetapi hal yang paling penting adalah “Bagaimana caranya agar kita bisa menjadi “Kawan” yang senang berhubungan dengan tanpa pamrih” pada kawan-kawan kita”


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: