Bersahabat Dengan Masalah

30 07 2008

Siapa yang mau punya masalah? Suka atau tidak, manusia hidup tidak pernah lepas dari masalah. Masalah timbul kalau ada perbedaan atau kesenjangan antara apa yang diharapkan dan kenyataan yang terjadi. Apa yang perlu kita lakukan adalah menghadapinya dengan bijak dan juga cerdas. Bagaimana dong?

Pertama, usahakan sebisa mungkin untuk menghindari beberapa tindakan yang sudah menjadi ciri khasnya orang yang terkena masalah, yakni :

  1. Mengasingkan diri
    Kita merasa diri paling celaka atau sial kalau mendapatkan masalah jadi lebih nyaman kalau menyendiri, karena merasa orang lain lebih beruntung.
  2. Lepas kontrol
    Ada masalah biasanya emosi jadi lepas dan tidak terkontrol. Akibatnya tanpa disadari kita malah buat masalah baru lagi.
  3. Cari kambing hitam
    Biasanya ini kita lakukan demi harga diri, demi gengsi lalu mencari sesuatu atau orang lain yang dianggap sebagai penyebab timbulnya masalah.
  4. Mudah menyerah
    Kita langsung menyerah karena tidak berani menanggung resiko apa pun. Akibatnya kita enggak akan berani melangkah sejengkal pun untuk mengatasi masalah tersebut.

Langkah kedua, hadapi masalah dengan pikiran positif. Ikuti deh saran-saran di bawah ini :

  1. Lakukan instropeksi
    “Saya bertanggung jawab terhadap diri saya”. Artinya, cari tahu apakah masalah muncul karena kesalahan kita atau ada sumbangan kita pada masalah tersebut. Kesadaran ini bisa membuka langkah dalam mencari pemecahannya pada tahap berikutnya.
  2. Cari sisi indah atau positif
    Hidup akan terus berputar biar kita punya masalah segunung. Kita masih bisa kok menikmati hal-hal yang indah atau manis. Nah, cari dan ingat terus pengalaman-pengalaman yang menyenangkan itu. Cara ini ampuh untuk mendapatkan ide buat memecahkan masalah yang ada, dan emosi kita pun jadi lebih terkendali.
  3. Rela berjuang
    Masalah harus dicari jalan keluarnya, bukan untuk dihindari atau dilupakan. Menunda masalah bisa menambah masalah baru. Biarpun berat, kita harus belajar memecahkan masalah yang kita hadapi. Jangan mudah pasrah dan menyerah. Lawan semua perasaan itu. Ini bisa jadi jalan menjadi dewasa lho.
  4. Berbagi cerita
    Curhat dengan teman, orang tua, saudara atau orang yang tepat bisa membantu kita untuk memecahkan masalah tersebut. Atau sekurangnya dengan berbagi dapat meringankan beban yang sedang kita hadapi.
  5. Rajin berdoa
    Tidak ada yang lebih mengasihi, mencintai, membantu dan menolong kita kecuali Tuhan yang menjadikan kita. Mendekatkan diri dan meminta tolong kepada-Nya adalah tindakan yang sangat tepat karena Tuhan memang Maha Penolong.

Nah, dengan berpikiran positif kita jadi mengerti ternyata di balik semua masalah yang ada tersimpan hikmah yang bagus banget buat perkembangan jiwa kita. Ini dia manfaat kalau punya masalah :

  1. Lebih memahami dan menyadari diri, termasuk kekurangan dan kelebihan kita.
  2. Mendorong untuk berpikir lebih kreatif dan alternatif.
  3. Meningkatkan ketahanan stres dalam hidup.
  4. Meningkatkan kesadaran atas nilai-nilai keagamaan

Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: