Apakah Kita Mempunyai Hak Untuk Hidup ?

18 04 2012

Dalam satu kesempatan … penulis berbincang-bincang ringan dengan salah seorang sahabat yang bekerja di salah satu perusahaan besar di Indonesia. Dalam perbincangan itu ada satu pertanyaan menarik dari beliau ketika kita membicarakan masalah Hak Azazi Manusia (HAM). Pertanyaannya adalah “Apakah kita mempunyai hak untuk hidup di dunia ini ?”. Suatu pertanyaan yang sederhana tapi setelah direnungi mempunyai makna yang dalam, bagi sebagian orang mungkin akan menjawab dengan lantang bahwa mereka mempunyai hak untuk hidup di dunia ini dengan berbagai alasan logis dan argumen yang panjang lebar. Akan tetapi pernahkan kita coba untuk mengembalikan pertanyaan tersebut pada yang menciptakan kita yaitu Allah SWT ?

Sebenarnya jawaban itu tergantung dari sudut pandang, maksud nya ? .. Kalau jawaban itu datang dari Allah sebagai pencipta kita tentu jawabannya adalah “TIDAK !!!” kita manusia tidak mempunyai hak untuk hidup, suka-suka nya Allah yang menciptakan kita manusia untuk menghidupkan dan mematikan. Coba perhatikan ayat dibawah ini.

“Bagaimana kamu mengingkari (Allah) sedang kamu tadinya mati, kemudian dihidupkan (oleh-Nya), kemudian kamu dimatikan dan dihidupkan-Nya kembali, kemudian kamu dikembalikan kepada-Nya.” (Al-Baqarah : 28)

Pertanyaan selanjutnya, untuk apa Allah menciptakan kejadian HDUP dan MATI ?

“Mahasuci Allah Yang di dalam genggaman kekuasaan-Nya seluruh kerajaan, dan Dia Mahakuasa atas segala sesuatu. Yang menciptakan mati dan hidup untuk menguji kamu siapakah di antara kamu yang paling baik amalnya, dan sesungguhnya Dia  Mahamulia lagi Maha Pengampun” (QS Al-Mulk [67]: 1-2)

Nah … sekarang bagaimana dengan Hak Azazi Manusia (HAM) yang digembar-gemborkan oleh orang-orang yang pintar ??? Sebenarnya ISLAM sudah mengatur itu, banyak artikel yang mengulas tentang ini. Bisa anda cari di google dengan kata kunci “Hak Hidup Menurut Islam”

Dalam tulisan ini, penulis hanya ingin mengingatkan bahwa kita hidup di dunia ini hanya untuk sementara … “Just It”

“Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Dan sesungguhnya pada hari kiamat sajalah disempurnakan pahalamu. Barang siapa dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam surga, maka sungguh ia telah beruntung. Kehidupan dunia itu tidak lain hanyalah kesenangan yang memperdayakan. ” (QS. Al-Imran:185)

Semoga bermanfaat


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: