Profile

Segala puji dan Syukur kita panjatkan kehadirat Allah AWT yang telah memberikan hidayah dan taufiq-Nya kepada kita semua. Shalawat serta salam semoga senantiasa tercurah keharibaan Paduka Alam Nabi akhir jaman yaitu Nabi besar Muhammad SAW, keluarganya, sahabatnya serta kita semua sebagai pengikutnya. Amin

Allah SWT memberikan jaminan bahwa tidak ada manusia yang paling mulia di sisi-Nya kecuali orang-orang yang bertaqwa. Arti taqwa tersebut masih memerlukan banyak penafsiran, akan tetapi harus diyakini bahwa tatkala manusia akan menghadap Rabb-Nya tidak ada bekal yang paling baik kecuali bekal ketaqwaan.

Seseorang akan dapat mencapai derajat tertinggi sebagai seorang “Muttaqien” manakala diupnya dihiasi dengan perilaku dan peragai yang baik, berakhlak mulia berdasarkan pada aturan Allah SWT dan semua itu hanya akan ditemukan oleh orang-orang yang membekali dirnya dengan ilmu pengetahuan. Karena ilmu itu cahaya yang akan menerangi kita dalam kegelapan yang dapat menunjukkan dari kesesatan dan dapat memebdakan mana yang baik dan mana yang buruk. Untuk itu Baginda Nabi memerintahkan dan mewajibkan pada setiap muslim untuk mencari ilmu.

Ilmu pengetahuan tidak akan didapat dengan mudah semudah membalikkan telapak tangan akan tetapi memebutuhkan proses dan perjalanan yang panjang. Proses tersebut dimulai semenjak kita dalam buaian orang tua sampai kita dimasukan ke “liang lahat”, tidak pernah ada ujungnya sepanjang “jiwa” masih bernafas.

Banyak majelis ilmu yang menjadi sarana untuk mewujudkan cita-cita sebagai manusia yang berilmu pengetahuan, baik ilmu agama (tafaquh fi ad-diin) maupun ilmu umum. Apalagi era sekarang yang lebih dikenal dengan era millennium dimana manusia dituntut untuk bersaing dalam segala hal dan itu mebutuhkan sumber daya manusia yang berkualitas yang barometernya adalah keilmuan yang mumpuni.

Berangkat dari apa yang dipaparkan diatas, Yayasan Pendidikan Islam Al-Muhajir menjembatani keinginan dari berbagai pihak dengan mewujudkan sistem pendidikan dengan memadukan dua system pendidikan umum sebagai bekal duniawi dengan pendidikan kepesantrenan sebagai bekal ukhrawi dengan harapan dapat mencetak siswa / santri yang berkaulitas dari segi intelektual, mental maupun spiritual (muttaqiin).

Pada awalnya Yayasan Pendidikan Islam Al-Muhajir merupakan salah satu pesantren yang ada di Kabupaten Subang yang berdiri sekitar tahun 1990 dan seiring dengan waktu para pendiri pesantren merasa perlunya suatu wadah resmi terhadap keberadaan pesantren tersbut. Pada akhirnya terbentuklah Yayasan Pendidikan Islam Al-Muhajir yang dilegalisasi oleh Notaris Ii Rokayah Sulaeman, SH berdasarkan Akta Yayasan Al-Muhajir No 47 tertanggal 24 Februari 1993. Pendiri sekaligus orang-orang yang berjasa menggagas berdirinya Yayasan Pendidikan Islam Al-Muhajir terdiri dari :

1. KH. Zaenal Arifien

2. Muhammad Karyo

3. KH. Sulaeman Hasyim

4. Drs. Jaja Baron

5. Ust. Muhammad Ace Waslul Falah

6. Drs. Haudin

Dalam perjalanannya yayasan ini berkembang dengan sangat pesat sehingga santri yang bergabung dalam Pondok Pesantren ini mencapai jumlah ± 300 orang dengan beberapa kegiatan positif kemasyarakatan.

Jenjang pendidikan formal yang telah didirikan oleh Yayasan Pendidikan Islam Al-Muhajir sampai saat ini berupa Taman Kanak-Kanak Islam, Madrasah Diniyah (MD), Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Majelis Ta’lim. Mengingat tuntutan jaman, potensi kedepan serta keinginan masyarakat di wilayah Kecamatan Cibogo maka direncanakan pada tahun 2009/2010 Yayasan Pendidikan Islam Al-Muhajir akan mendirikan Madrasah Aliyah (MA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang berbasis kepesantrenan.

Disamping pendidikan kepesantrenan yang mengacu pada pengkajian kitab-kitab kuning Salafi, sisi lain yang menjadi ciri khas yayasan adalah dengan mengintensifkan Bahasa Inggris dan Bahasa Arab sebagai program unggulan serta kegiatan ekstrakurikuler yang bertujuan menggali minat dan bakat santri / siswa diluar akademisnya.

Untuk mewujudkan dan menciptakan system pendidikan yang telah diapaparkan diatas tentunya banyak kendala dan permasalahan yang dihadapi, salah satunya adalah belum sempurnanya sarana dan prasarana yang dimiliki. Untuk itu dengan niat tulus kami berharap pada masa-masa yang akan dating kebutuhan tersebut dapat terpenuhi.

1 Maksud dan Tujuan

Dalam Akta Notaris Yayasan Al-Muhajir Pasal 3 tentang Azas, Maksud dan Tujuan, disebutkan bahwa yayasan ini mempunyai maksud dan tujuan :

1. Membantu usaha Pemerintah dan turut berpartisipasi mensukseskan Program Pembangunan Nasional dalam pendidikan terutama untuk anak-anak yatim piatu, anak-anak yang tidak mampu dan anak-anak putus sekolah

2. Membantu Pemerintah untuk mencetak manusia-manusia yang terampil, dapat berwiraswasta dan bisa mandiri dalam hidupnya kelak

3. Berusaha untuk membina masyarakat supaya menjadi manusia-manusia yang berguna bagi Agama, Bangsa dan Negara serta taat kepada hukum yang berlaku di Negara kita

2 Visi dan Misi

Visi

”Ukhuwah Islamiyah dan Keilmuan Merupakan Modal Dasar Bagi Pengembangan Masyarakat Madan”

Misi

1. Pembinaan manusia agar berwawasan luas, bermanfaat dan berbudi luhur

2. Memberikan pengajaran dan pendidikan secara optimal kepada siswa / santri

3. Menjaga nilai-nilai lama yang baik dan mengambil nilai-nilai baru yang lebih baik

4. Mewujudkan lingkungan asri guna mendukung ketenangan dan kenyamanan dalam proses belajar mengajar

5. Menggali potensi dan minat siswa / santri melalui kegiatan ekstrakurikuler

6. Pemberdayaan personil dengan memberikan kebebasan berkreasi, berinovasi dan usaka meningkatkan profesionalisme

7. Mewujudkan suasana yang harmonis antara sekolah, dewan sekolah, orang tua dan dunia usaha




%d blogger menyukai ini: